DAFTAR BAKAL CALON ANGGOTA DPRD KOTA MEDAN DAPAT DI LIHAT DI MENU PENGUMUMAN
Perolehan suara
Oleh : Administrator
Kategori: Pemilu Presiden - Dibaca: 5 kali

Medan.www.kpud-medankota.go.id..Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan menetapkan pasangan Rahudman Harahap-Dzulmi Eldin sebagai pemenang Pilkada Medan putaran kedua dengan perolehan 485.446 suara (65,88%). 


Perolehan suara pasangan nomor 6 tersebut mengungguli pasangan Sofyan Tan-Nelly Armayanti yang memperoleh 251.435 suara (34,12%). Total pemilih dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Medan putaran kedua sebanyak 750.919 jiwa dari total daftar pemilih tetap (DPT) 1.961.155 jiwa. Rekapitulasi penghitungan suara berlangsung tertib dan aman.

Penjagaan kepolisian juga cukup ketat di sekitar Hotel Grand Angkasa, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan,kemarin. Meskipun ada keberatan dari saksi pasangan Sofyan Tan-Nelly yang di wakili oleh Hendry Jhon Hutagalung,namun disampaikan secara elegan.Mereka hanya membacakan beberapa poin keberatan untuk dimasukkan dalam berita acara rapat pleno.

Tidak memaksakan kehendak untuk tak mengakui hasil rekapitulasi penghitungan suara karena mereka turut menandatangani hasil penghitungan. Pantia Pengawas Pilkada Kota Medan Muhammad Aswin pun menegaskan bahwa semua pelaksanaan tahapan Pilkada Medan putaran kedua sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun ada beberapa kecurangan yang terjadi dan sedang diproses oleh Panwas Medan, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk merekomendasikan penghitungan ulang atau tidak mengakui hasil rekapitulasi. Setelah mendengar pandangan umum semua pihak, Ketua KPU Medan Evi Novida Ginting akhirnya menetapkan pasangan Rahudman-Eldin sebagai calon terpilih Pilkada Medan. 

Dia mengaku sangat bersyukur perjalanan Pilkada Medan dari awal hingga akhir berlangsung aman dan terkendali. Bahkan menurut dia, Pilkada Medan dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pilkada se-Sumut selama 2010. Mengingat tahapan yang berlangsung tidak menimbulkan kerusuhan massa meskipun terdapat beberapa protes dan unjuk rasa yang menurutnya lumrah dalam pelaksanaan pesta demokrasi. “Kami bersyukur pelaksanaan Pilkada Medan berlangsung aman. 

Semua ini berkat kerja sama dengan berbagai pihak yang turut mendukung suksesnya pilkada,” ujar Evi. Dalam kesempatan itu Evi menjelaskan, bagi pihak yang masih keberatan dengan keputusan KPU dapat menindaklanjutinya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sesuai dengan tahapan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan segala bentuk keberatan yang dihadapi pasangan calon dapat diselesaikan melalui jalur hukum. 

Usai ditetapkan sebagai pemenang pilkada, pasangan Rahudman- Eldin langsung melakukan sujud syukur di hadapan ratusan hadirin dan wartawan. Setelah itu satu persatu yang hadir dalam ruangan tersebut memberikan ucapan selamat sambil berfoto bersama.“ Kami bersyukur ke hadirat Allah SWT dan berterima kasih atas dukungan dan amanah yang diberikan masyarakat. Insya Allah amanah akan kami jalankan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab,”ujar Rahudman. 

Mengenai adanya keberatan yang dilayangkan saksi pasangan Sofyan Tan-Nelly,menurutnya hal itu bukan domain dirinya untuk menanggapi. Hal tersebut bagian dari kewenangan penyelenggara pilkada, seperti KPU dan Panwas. Namun,dia meminta seluruh pihak termasuk pasangan calon lainnya untuk menerima hasil pilkada secara ikhlas dan bersama-sama membantu mewujudkan Kota Medan aman dan tertib dan madani. 

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Medan putaran kedua kemarin tidak dihadiri pasangan Sofyan Tan- Nelly Armayanti.Pasangan nomor 10 tersebut hanya diwakilkan Ketua DPC PDI Perjuangan Medan Hendry Jhon Hutagalung dan Mangarimpun Parhusip.Data KPU menyebutkan, jumlah suara sah sebanyak 736.881 dan suara tidak sah 14.038. 

Hendry Jhon menegaskan pihaknya tetap akan menempuh jalur hukum, yaitu dengan mendaftarkan gugatan ke MK sesegera mungkin.Tim ini mengaku menemukan banyak kecurangan yang mengarah pada tindakan tersistematis, masif,dan terstruktur.Buktibukti pelanggaran tersebut secara nyata dilakukan oleh tim pasangan nomor 6